-->

Essay 1: Peranku bagi Indonesia



 Essay 1: Peranku bagi Indonesia

PENDIDIKAN, FONDASI KEMAJUAN BANGSA

Sejak kecil, Orang tua saya sering menyampaikan sangat begitu pentingnya pendidikan, baik secara lisan maupun yang lainnya, putra-putrinya. Saya mengenal pendidikan sebagai sebuah proses panjang yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai yang harus dipegang dalam hidup. Proses tersebut membutuhkan semangat dan ketelatenan luar biasa. Beranjak sedikit lebih dewasa, di jenjang Sekolah Dasar saya memperoleh informasi mengenai perbedaan antara mengajar dan mendidik. Mengajar hanya terbatas pada penyampaian ilmu pengetahuan, sementara mendidik adalah proses pembentukan karakter yang baik. Jadi, seorang guru sebagai orang tua anak didik di sekolah memegang peran bukan hanya sebagai pengajar, namun juga harus menjadi pendidik. Mengapa hal ini penting bagi saya? Karena menjadi pengajar adalah cita-cita saya.
Sejak sekolah, saya sangat senang sekali mengamati profil guru, sehingga memproyeksikan bahwa saya akan menjadi seperti beliau kelak. Sewaktu bersekolah di SD, cita-cita saya bergeser, ingin menjadi guru SD. Ketika masuk SMP, saya bercita-cita untuk dapat bersekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi dan beraktivitas menjadi dosen kelak.

Salah satu langkah utama yang diperlukan untuk dapat menjadi dosen adalah dengan bersekolah hingga ke jenjang pendidikan yang sesuai. Selepas SMA, saya melanjutkan studi Strata satu (S1) di bidang bahasa dan kesasteraan yaitu pada Jurusan Bahasa dan Sastra Arab yang saya minati, yaitu di Fakultas Adab dan Humaniora. Untuk mengembangkan kemampuan baik akademik maupun soft skill, saya aktif terlibat sebagai pengajar Sekolah, Pesantren maupun Bimbingan Belajar bahasa Arab, disesuaikan dengan beban kerja saya sebagai seorang mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora.
Sebagaimana tadi telah dijelaskan di awal, saya juga berperan aktif sebagai Pengajar di Madrasah Tsanawiyyah (MTs)  dengan tugas membimbing anak-anak supaya mengenal bahasa,khususnya bahasa Arab. Karena dengan mempelajari bahasa Arab diharapkan kedepannya berkeinginan mendalami isi Al-Qur’an. Setelah lulus dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, sembari menunggu kesempatan untuk dapat melanjutkan ke Jenjang Magister (S2) Saya Aktif mengajar di MA di sekitar lingungan rumah. Seluruh kegiatan tersebut, selain sejalan dengan minat saya, saya harapkan dapat mendukung langkah menuju cita-cita saya untuk dapat berperan bagi Indonesia di bidang pendidikan.
Dengan menjadi pendidik yang sesuai dengan minat saya, saya berharap untuk dapat memberikan sumbangsih kepada Indonesia, sekaligus menikmati prosesnya. Peran sebagai pengajar dan pendidik bersifat luas, bukan hanya di ranah formal dalam sebuah institusi pendidikan, namun juga di tengah keluarga dan masyarakat. Hal tersebut harus dilaksanakan secara kontinyu dan konsisten. Secara intelegensi, masyarakat Indonesia telah diakui memiliki level yang tinggi. Dengan didukung pengembangan mental yang baik, semoga Indonesia dapat berjalan menuju kearah yang lebih baik.

0 Response to " Essay 1: Peranku bagi Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->