-->

Essay 3 : Rencana Studi



RENCANA STUDI
Ma’rup
  
Saya Ma’rup, lulus dari Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) SGD Bandung  (2011 s.d. 2015) dengan skripsi berjudul Makna Qawl, Kalam, dan Derivasinya dalam Terjemah Ta’lim Al-Muta’allim Karya Syekh Al-Zarnujy.
Semenjak SMA/ MA , saya aktif sebagai tutor lepas di lingkungan rumah, dengan aktivitas membimbing studi adik-adik mulai dari SD hingga SMP (sesuai permintaan). Di SMA, saya aktif berorganisasi di organisasi Palang Merah Remaja dan Unit Pengembangan Tahfidz Qur’an (UPTQ). Selain belajar dibangku Sekolah saya juga belajar agama Islam di pondok pesantren, sehingga  ditunjuk  sebagai ketua Santri, tugas ketua santri selain mencari ilmu diharuskan mengajar santri-santri yang baru datang, dan itu merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya di waktu itu. Setelah lulus dari SMA/ MA saya melanjutkan kuliah Program S1 di Bandung.
Selama studi S1, saya berperan sebagai pengajar sekaligus pengasuh Panti Asuhan Anak Babussalam serta Pondok Pesantrennya, Siang Saya mengajar di Mts. Dengan mata pelajaran bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam (terdiri dari Al-Qur’an, Al-Hadits, Aqidah Akhlaq, Sejarah Kebudayaan Islam dan Fiqh). Disaat Malam saya mengajar di Pondok pesantren dengan pelajaran Kitab Kuning dan Kursus bahasa Arab. Selain itu, saya juga pernah mengajar di Bimbingan Belajar bahasa Arab dipergunakan untuk  mengisi waktu kosong saat tidak ada jadwal kuliah.  Deskripsi kerja saya adalah mengabdi kepada anak-anak panti asuhan, sekolah, bimbingan belajar, juga mengajar di pondok pesantren. Sedangkan saya dalam keilmuan saat begitu minim, sehingga saya berkeinginan tinggi  melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu jenjang Magister (S2). Untuk bisa mengajar sebagai dosen di perguruan tinggi.
Latar belakang saya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ini  memiliki hasrat yang sangat tinggi untuk dapat mengabdi, berbagi ilmu, dan berbagi pengalaman kepada Seluruh Mahasiswa maupun kepada Masyarakat sekitar. Oleh karena itu saya ingin melanjutkan studi ke jenjang magister (S2). Pada  Faculty Of Arabic Language and Islamic Civilization, Jurusan Arabic Language. Sebab, bidang tersebut sejalan dengan fokus dan minat studi saya saat sarjana (S1), yaitu bahasa dan sastra Arab. Fokus studi inilah yang selanjutnya akan saya dalami untuk terjun sebagai pengajar dan pendidik di jenjang Perguruan Tinggi (dosen), sekaligus juga sebagai peneliti.
Target saya adalah segera menyelesaikan studi magister (S2) sesegera mungkin (maksimal 2 tahun). Ke depan, baik selama menempuh proses studi maupun setelah lulus, saya berharap untuk terus mencari pengalaman mengajar, bersamaan dengan usaha mencari institusi Perguruan Tinggi sebagai tempat mengabdi sebagai dosen dengan bidang ajar yang sesuai dengan fokus studi saya, sehingga dapat berperan secara optimal. Minat dan cita-cita saya adalah untuk menjadi dosen dan peneliti, sehingga dapat mengambil bagian dalam membangun Bangsa Indonesia maupun Brunei darussalam  melalui bidang pendidikan, sekaligus mengembangkan penelitian yang membawa manfaat bagi masyarakat.

0 Response to "Essay 3 : Rencana Studi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->