-->

Penyimpangan Shighat Amr dalam Novel Layali Turkiztan Karya "Najieb Kailany"


PENYIMPANGAN SHIGHAT AMR DALAM NOVEL LAYAALI TURKIZTAN KARYA ”NAJIEB KAILANY”

Terkuaknya masalah dalam novel ini dilatarbelakangi dengan beberapa masalah kebahasaan yang ingin dicari penyelasaiannya. Maslah yang ingin diteliti dalam novel ini ialah, Das Sein, dalam novel karya Najieb Kaylani ini terdapat beberapa shighat yang bukan termasuk shighat amr namun memiliki makna amr dan mewakili dari fungsi amr itu sendiri. Das Solen, dalam kajian ilmu Ma’ani khususnya insya’ Tholabi yaitu Amr, amr memiliki beberapa shighat yakni fiil amr, mudhori yang kemasukan lam amr, Isim Amr, Mashdar pengganti fi’il. Sebagaimana terinci secara jelas dalam buku-buku ilmu balaghah.
Adapun titik fokus masalah dalam novel ini ialah “penyimpangan shighat amr dalam kalimat-kalimat yang terdapat novel ‘Layaali Turkiztan’ karya Najieb Kailany. Dengan keinginan yang mendasar agar gambaran dan makna-makna dalam kalimat tersebut memiliki makna amr yang hakiki atau tidak.
Secara terperinci masalah di atas dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.    Dalam beberapa teks-teks bahasa arab baik itu karya sastra atau karya ilmiah, jarang yang menggunakan makna-makna amr dengan selain shighat-shighat amr yang sudah jelas dipaparkan dalam ilmu-ilmu balaghah, baik itu klasik maupun modern.
2.    Esensi dari amr itu sendiri merupakan suatu tuntutan yang harus dilaksanakan oleh seseorang, baik itu langsung maupun tidak langsung tanpa memandang apakah itu fi’il amr ataupun tidak. Namun, perlu adanya sebuah sebutan bagi kalimat-kalimat yang bukan bagian dari shighat amr tetapi memilki makna-makna amr.  
3.    Aktualisasi makna-makna amr yang shighatnya menyimpang dari kaidah-kaidah yang ada dalam ilmu balaghah serta tujuannya melalui kalimat-kalimat yang tertuang dalam novel ’Layaali Turkiztan’ karya Najieb Kailani.

0 Response to "Penyimpangan Shighat Amr dalam Novel Layali Turkiztan Karya "Najieb Kailany""

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->