SAP Filsafat Ilmu
Selasa, 09 April 2019
Add Comment
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(S A P)
Mata Kuliah
|
:
|
Filsafat Ilmu
|
SKS
|
:
|
2 (dua)
|
Jur / Smt / Kelas
|
:
|
BSA/VI/A,B,C
|
Dosen
|
:
|
Ma'rup, S.Hum.,M.Pd.
|
Deskripsi Singkat
|
:
|
Mata kuliah ini membahas mengenai Filsafat Ilmu dilihat dari berbagai
aspek. Perkuliahan ditujukan untuk memahami pengertian filsafat ilmu,
pengetahuan, kebenaran, perkembangan ilmu, fungsi ilmu, klasifikasi dan
hierarki ilmu, konsep dasar ilmu, ontologi, epistemologi, sarana berpikir
ilmiah, metode ilmiah, aksiologi, serta hubungan filsafat ilmu dengan ilmu
dakwah.
|
Tujuan Instruksional Umum
|
:
|
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki
pengetahuan dan pemahaman tentang Filsafat Ilmu serta mampu menganalisis
pemikiran yang berkenaan dengan persoalan Filsafat Ilmu.
|
Kepustakaan
|
:
|
1. Andi Hakim Nasution, Pengantar Ke Filsafat Sains,
Jakarta; Litera Antar Nusa, 1988
2. Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar
Populer, Jakarta: Sinar Harapan,
2000
3. __________________, Ilmu Dalam Perspektif, Jakarta:
Yayasan Obor Indonesia, 2000
4. Hadi Hardono, Epistemologi, Filsafat Pengetahuan,
Yogyakarta: Kanisius, 1997
5. M. Aziz Nazmi Salim, Al-Manthiq Al-Hadits: Falsafat 'Ulum
Wa Al-Manahij, Mesir: Muasasah Syihab Al-Jami'ah
6. Imam Syafie, Konsep Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta: Uii
Press, 2000
7. Noeng Mudhafir, Filsafat Ilmu Telaah Sistematis
Fungsional-Komparatif, Yogyakarta: Rake Sarasin
8. Mohammad Hatta, Pengantar Ke Jalan Ilmu Dan Filsafat,
Jakarta: Tinta Mas, 1986
9. Aep Kusnawan, Ilmu Dakwah (Kajian Berbagai Aspek),
Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004
10. Syukriadi Sambas, Filsafat Dakwah, KP Hadid, Bandung
1999
|
No.
|
Tujuan
Instruksional Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Subpokok bahasan
|
Waktu
|
Metode Pengajaran
|
Media Pengajaran
|
Kepustakaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan tentang
ilmu sebagai objek kajian filsafat, pengertian filsafat ilmu dan kegunaan
filsafat ilmu.
|
Filsafat
Ilmu (suatu Pengantar)
|
a.
Ilmu sebagai Objek Kajian Filsafat.
b.
Pengertian Filsafat Ilmu.
c.
Kegunaan Filsafat Ilmu.
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
2.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan mengenai pengertian,
jenis, hakikat dan sumber pengetahuan serta pengetahuan apriori dan
aposteriori.
|
Pengetahuan
|
a.
Pengertian pengetahuan.
b.
Jenis-jenis pengetahuan.
c.
Hakikat dan sumber pengetahuan.
d.
Pengetahuan apriori dan aposteriori.
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
3.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
definisi kebenaran, teori kebenaran dan sumber kebenaran.
|
Kebenaran
|
a.
Definisi kebenaran
b.
Teori kebenaran
c.
Sumber kebenaran
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
4.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
tentang perkembangan ilmu pada zaman Yunani, zaman Islam serta zaman Renaisans
dan modern.
|
Perkembangan
Ilmu
|
a.
Landasan ilmu pada zaman Yunani
b.
Perkembangan Ilmu zaman Islam
c.
Kemajuan Ilmu zaman Renaisans dan
Modern
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
5.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
fungsi ilmu untuk menjelaskan, memprediski, menganalisis dan mengembangkan.
|
Fungsi
Ilmu
|
a.
Menjelaskan
b.
Memprediksi
c.
Menganalisis
d.
Mengembangkan
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
6.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
tentang Klasifikasi dan Hierarki ilmu
secara umum dan menurut filosof muslim.
|
Klasifikasi
dan Hierarki Ilmu
|
a.
Klasifikasi ilmu (ilmu alam dan ilmu
sosial)
b.
Hierarki ilmu
c.
Klasifikasi dan hierarki ilmu
menurut filosof muslim
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
7.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa menjelaskan tentang konsep dasar ilmu
yang meliputi ontologi, epistemologi dan aksiologi.
|
Konsep
Dasar Ilmu
|
a.
Ontologi
b.
Epistemologi
c.
Aksiologi
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
8.
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER
|
||||||
9.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
tentang pengertian ontologi, aliran ontologi, objek formal dan material serta
asumsi ilmu.
|
Ontologi
|
a.
Pengertian ontologi
b.
Aliran-aliran dalam ontologi
c.
Objek Formal dan material
d.
Asumsi ilmu
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
10.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
tentang mitos, common sense / akal sehat, metode eksperimen dan
logico-hipotetico-verifikatif.
|
Epistemologi
|
a.
Mitos
b.
Common Sense / akal sehat
c.
Metode eksperimen
d.
Logico-Hipotetico-Verifikatif
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
11.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
tentang sarana berpikir ilmiah meliputi logika, matematika, statistika,
bahasa.
|
Sarana
Berpikir Ilmiah
|
a.
Logika
b.
Matematika
c.
Statistika
d.
Bahasa
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
12.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat menjelaskan metode ilmiah yaitu
tentang perumusan masalah, penyusunan kerangka berpikir, perumusan hipotesis,
pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan.
|
Metode
Ilmiah
|
a.
Perumusan masalah
b.
Penyusunan kerangka berpikir
c.
Perumusan hipotesis
d.
Pengujian hipotesis
e.
Penarikan kesimpulan
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
13.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
tentang pengertian aksiologi, netralitas ilmu serta masalah objektivitas dan
subjektivitas ilmu.
|
Aksiologi
|
a.
Pengertian Aksiologi
b.
Netralitas ilmu
c.
Objektivitas dan subjektivitas ilmu
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
14.
|
Setelah
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami dan mampu menjelaskan
tentang posisi humaniora dalam perkembangan ilmu, objektivitas ilmu humaniora
dan fungsi ilmu humaniora.
|
Hubungan
Filsafat Ilmu dengan ilmu Dakwah
|
a.
Posisi Ilmu Dakwah dalam
perkembangan ilmu.
b.
Objektivitas ilmu Dakwah.
c.
Fungsi ilmu Dakwah
|
100 menit
|
1.
Menjelaskan
2.
Tanya Jawab
3.
Menulis
4.
Memberikan contoh
|
1.
Papan tulis
2.
OHV
3.
Spidol
|
Sesuai
dengan daftar pustaka
|
0 Response to "SAP Filsafat Ilmu"
Posting Komentar